PENGERTIAN MANAJEMEN PENGERTIAN
MANAJEMEN MENURUT AHLI OEY LIANG LEE MARY PARKER FOLLET JAMES A.F. STONER
GEORGE R. TERRY HAROLD KOONTZ & CYRIL O’DONNEL
MANAJEMEN
• DARI SEGI SENI Manajemen adalah seni dalam
menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
• DARI SEGI ILMU PENGETAHUAN
Manajemen adalah bidang pengetahuan yang berusaha secara sistematis untuk
memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu
yang bermanfaat bagi kemanusiaan.
• DARI SEGI PROSES Manajemen adalah
proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian kegiatan
anggota organisasi dan proses penggunaan sumber daya organisasi lainnya untuk
mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
· TINGKATAN MANAJEMEN Manajemen
Menengah Manajemen Pelaksana Manajemen Puncak Direktur, CEO, CFO Kepala Bagian,
Kepala Mador Supervisor, Mandor
·
Perencanaan merupakan proses
memutuskan tujuan-tujuan apa yang akan dicapai selama periode waktu mendatang
dan apa yang akan dilakukan agar tujuan-tujuan tersebut dapat tercapai.
Sifat-sifat Perencanaan yang Baik
• Mempunyai tujuan yang jelas
• Adanya kesatuan rencana.
•
Rencana yang logis atau masuk akal.
•
Mengandung unsur kelangsungan (kontinuitas ).
• Jelas dan sederhana
. • Mengandung unsur kelenturan
(fleksibilitas).
• Ada dalam perimbangan.
• Mengandung stabilitas.
FUNGSI MANAJEMEN 1) Perencanaan
(Planning)
• Semua tindakan akan terkoordinir
• Situasi darurat akan dapat terhindar karena
sudah dapat diperkirakan sebelumnya.
• Metode kerja yang efektif dan
efisien karena manajer punya waktu untuk memilih metode yang terbaik.
• Perencanaan merupakan dasar atau pedoman
untuk pengawasan karena perencanaan menghasilkan standardisasi.
• Dengan perencanaan, manajemen
memerhatikan tujuan.
Tipe-tipe Perencanaan
• Bidang fungsional, mencakup rencana
produksi, rencana pemasaran, rencana keuangan dan rencana personalia. Setiap
factor memerlukan tipe rencana yang berbeda.
• Tingkatan organisasional, ini termasuk
keseluruhan organisasi atau satuan kerja.
• Karakteristik (sifat rencana), meliputi
faktor-faktor kompleksitas,fleksibilitas, keformalan, kerahasiaan,biaya,
rasionalitas, kuantitas, dan kualitas.
• Waktu, menyangkut rencana jangka pendek,
rencana jangka menengah dan rencana jangka panjang.
• Unsur-unsur rencana, wujud anggaran,
program, prosedur, kebijaksanaan peraturan, dan sebagainya
Langkah-langkah
pengorganisasian
• Merinci seluruh pekerjaan yang harus
dilaksanakan.
• Membagi beban kerja ke dalam
kegiatan yang dapat dilakukan oleh seseorang atau kelompok orang.
• Mengombinasikan pekerjaan anggota secara
efisien.
• Menetapkan mekanisme kerja dan
mengoordinasikan pekerja menjadi satu kesatuan yang utuh. • Memantau
efektivitas organisasi dan mengambil langkah- langkah penyesuaian untuk
meningkatkan efektivitas. Manfaat pengorganisasian.
• Menjalin pola hubungan yang baik
antarorganisasi, anggota, sarana, dan lain-lain.
• Setiap anggota/pelaku organisasi mengetahui
dengan jelas tugas, kewajiban, hak, dan tanggung jawab.
BIDANG-BIDANG MANAJEMEN
Manajemen produksi bertugas mengatur
agar perusahaan dapat manciptakan dan menambah kegunaan suatu barang dan jasa
dengan baik. Manajemen produksi bertanggung jawab terhadap perencanaan
(aktivitas) produksi, distribusi, atau manajemen proyek yang di jalankan oleh
organisasi. Kegiatan manajemen produksi antara lain perencanaan (desain) produksi;
pengendalian (berkaitan dengan persediaan) produksi; serta pengawasan produksi
(berkaitan dengan mutu atau quality control).
Manajemen pemasaran adalah suatu
rencana kegiatan yang akan dilakukan oleh perusahaan berdasarkan analisis
situasi dan tujuan yang telah ditetapkan untuk menetapkan produk yang disukai
pasar, harga, promosi, dan penempatan jalur distribusi. Fungsi pemasaran
meliputi penjualan, pembelian, pengangkutan, pembelajaan, penanggungan risiko,
standardisasi produk, pergudangan, dan informasi pasar.
Kegiatan manajemen pemasaran sebagai berikut:
• Riset pasar, yaitu penelitian
untuk mengetahui keinginan , sikap, dan tingkah laku konsumen terhadap produk
yang akan dijual.
• Segmentasi pasar, yaitu membagi pasar ke
dalam kelompok-kelompok konsumen yang akan dilayani oleh perusahaan.
• Promosi terpadu (promotional mix),
yaitu usaha memperkenalkan produk secara terpadu melalui periklanan, promosi
penjualan, publisitas, penjualan secara personel, dan penjualan secara
langsung.
Manajemen
keuangan adalah bagian dari manajemen yang fokusnya mengelola dana persahaan
dengan efektif dan efisien guna mencapai tujuan yang telah di tetapkan
perusahaan. Tugas manajemen keuangan antara lain memanfaatkan peluang dalam
memperoleh dana baik intern maupun ekstern; mengalokasikan dana untuk menunjang
kegiatan perusahaan; serta menggunakan dana secara efisien dan efektif.
Manajemen personalia adalah bagian
dari manajamen yang memfokuskan perhatiannya pada factor produksi tenaga kerja
dalam suatu organisasi. Kegiata manajemen personalia antara lain:
• Melakukan pengadaan pegawai (recruitment)
• Memilih tenaga kerja;
• Menyeleksi pegawai untuk menentukan posisi
jabatan yang yang sesuai;
• Mengadakan pelatihan dan pendidikan untuk
pegawai;
• Menyediakan fasilitas,
kesejahteraan, dan gajiyang memuaskan;
• Melakukan rotasi jabatan;
• Memotivasi pegawai dengan memberikan
penghargaan kepada pegawai yang berprestasi; serta • Melakukan pemberhentian
dan pensiun pegawai
Manajemen administrasi bertugas
memberikan informasi layanan dalam bidang administrasi untuk melaksanakan
kegiatan secara efektif dan member dampak kelancaran pada bidan lainnya.
Kegiatan manajemen administrasi antara lain:
• Melakukan pengadministrasian seluruh
kegiatan;
• Mengiventarisasikan peralatan kantor
•
Menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk kepentingan manajemen; serta
• Melakukan pengarsipan data sehingga mudah
untuk di akses oleh pihak yang membutuhkan.
N. Rayhana M.S.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar