Senin, 19 Januari 2015

Manajemen

  PENGERTIAN MANAJEMEN PENGERTIAN MANAJEMEN MENURUT AHLI OEY LIANG LEE MARY PARKER FOLLET JAMES A.F. STONER GEORGE R. TERRY HAROLD KOONTZ & CYRIL O’DONNEL
MANAJEMEN
 • DARI SEGI SENI Manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.

• DARI SEGI ILMU PENGETAHUAN Manajemen adalah bidang pengetahuan yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kemanusiaan.

• DARI SEGI PROSES Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian kegiatan anggota organisasi dan proses penggunaan sumber daya organisasi lainnya untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

·   TINGKATAN MANAJEMEN Manajemen Menengah Manajemen Pelaksana Manajemen Puncak Direktur, CEO, CFO Kepala Bagian, Kepala Mador Supervisor, Mandor

·   Perencanaan merupakan proses memutuskan tujuan-tujuan apa yang akan dicapai selama periode waktu mendatang dan apa yang akan dilakukan agar tujuan-tujuan tersebut dapat tercapai. Sifat-sifat Perencanaan yang Baik
   • Mempunyai tujuan yang jelas
   • Adanya kesatuan rencana.
  • Rencana yang logis atau masuk akal.
  • Mengandung unsur kelangsungan (kontinuitas ).
 • Jelas dan sederhana
. • Mengandung unsur kelenturan (fleksibilitas).
• Ada dalam perimbangan.
 • Mengandung stabilitas.

FUNGSI MANAJEMEN 1) Perencanaan (Planning)
   Manfaat Pembuatan Perencanaan
• Semua tindakan akan terkoordinir
 • Situasi darurat akan dapat terhindar karena sudah dapat diperkirakan sebelumnya.
• Metode kerja yang efektif dan efisien karena manajer punya waktu untuk memilih metode yang terbaik.
 • Perencanaan merupakan dasar atau pedoman untuk pengawasan karena perencanaan menghasilkan standardisasi.
• Dengan perencanaan, manajemen memerhatikan tujuan.


Tipe-tipe Perencanaan
 • Bidang fungsional, mencakup rencana produksi, rencana pemasaran, rencana keuangan dan rencana personalia. Setiap factor memerlukan tipe rencana yang berbeda.
 • Tingkatan organisasional, ini termasuk keseluruhan organisasi atau satuan kerja.
 • Karakteristik (sifat rencana), meliputi faktor-faktor kompleksitas,fleksibilitas, keformalan, kerahasiaan,biaya, rasionalitas, kuantitas, dan kualitas.
 • Waktu, menyangkut rencana jangka pendek, rencana jangka menengah dan rencana jangka panjang.
 • Unsur-unsur rencana, wujud anggaran, program, prosedur, kebijaksanaan peraturan, dan sebagainya


 Langkah-langkah pengorganisasian
 • Merinci seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan.
• Membagi beban kerja ke dalam kegiatan yang dapat dilakukan oleh seseorang atau kelompok orang.
 • Mengombinasikan pekerjaan anggota secara efisien.
 • Menetapkan mekanisme kerja dan mengoordinasikan pekerja menjadi satu kesatuan yang utuh. • Memantau efektivitas organisasi dan mengambil langkah- langkah penyesuaian untuk meningkatkan efektivitas. Manfaat pengorganisasian.
• Menjalin pola hubungan yang baik antarorganisasi, anggota, sarana, dan lain-lain.
 • Setiap anggota/pelaku organisasi mengetahui dengan jelas tugas, kewajiban, hak, dan tanggung jawab.

BIDANG-BIDANG MANAJEMEN
Manajemen produksi bertugas mengatur agar perusahaan dapat manciptakan dan menambah kegunaan suatu barang dan jasa dengan baik. Manajemen produksi bertanggung jawab terhadap perencanaan (aktivitas) produksi, distribusi, atau manajemen proyek yang di jalankan oleh organisasi. Kegiatan manajemen produksi antara lain perencanaan (desain) produksi; pengendalian (berkaitan dengan persediaan) produksi; serta pengawasan produksi (berkaitan dengan mutu atau quality control).
Manajemen pemasaran adalah suatu rencana kegiatan yang akan dilakukan oleh perusahaan berdasarkan analisis situasi dan tujuan yang telah ditetapkan untuk menetapkan produk yang disukai pasar, harga, promosi, dan penempatan jalur distribusi. Fungsi pemasaran meliputi penjualan, pembelian, pengangkutan, pembelajaan, penanggungan risiko, standardisasi produk, pergudangan, dan informasi pasar.
 Kegiatan manajemen pemasaran sebagai berikut:
• Riset pasar, yaitu penelitian untuk mengetahui keinginan , sikap, dan tingkah laku konsumen terhadap produk yang akan dijual.
 • Segmentasi pasar, yaitu membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok konsumen yang akan dilayani oleh perusahaan.
• Promosi terpadu (promotional mix), yaitu usaha memperkenalkan produk secara terpadu melalui periklanan, promosi penjualan, publisitas, penjualan secara personel, dan penjualan secara langsung.

 Manajemen keuangan adalah bagian dari manajemen yang fokusnya mengelola dana persahaan dengan efektif dan efisien guna mencapai tujuan yang telah di tetapkan perusahaan. Tugas manajemen keuangan antara lain memanfaatkan peluang dalam memperoleh dana baik intern maupun ekstern; mengalokasikan dana untuk menunjang kegiatan perusahaan; serta menggunakan dana secara efisien dan efektif.

Manajemen personalia adalah bagian dari manajamen yang memfokuskan perhatiannya pada factor produksi tenaga kerja dalam suatu organisasi. Kegiata manajemen personalia antara lain:
 • Melakukan pengadaan pegawai (recruitment)
• Memilih tenaga kerja;
 • Menyeleksi pegawai untuk menentukan posisi jabatan yang yang sesuai;
 • Mengadakan pelatihan dan pendidikan untuk pegawai;
• Menyediakan fasilitas, kesejahteraan, dan gajiyang memuaskan;
• Melakukan rotasi jabatan;
 • Memotivasi pegawai dengan memberikan penghargaan kepada pegawai yang berprestasi; serta • Melakukan pemberhentian dan pensiun pegawai

 Manajemen administrasi bertugas memberikan informasi layanan dalam bidang administrasi untuk melaksanakan kegiatan secara efektif dan member dampak kelancaran pada bidan lainnya. Kegiatan manajemen administrasi antara lain:
 • Melakukan pengadministrasian seluruh kegiatan;
 • Mengiventarisasikan peralatan kantor
• Menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk kepentingan manajemen; serta
 • Melakukan pengarsipan data sehingga mudah untuk di akses oleh pihak yang membutuhkan.

N. Rayhana M.S.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar